Contoh Makalah Kunjungan Ke Perusahaan

Kata pengantar
Puji dan syukur kami ucapkan kepada Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya, sehingga penyusunan Laporan Kunjungan ke Perusahaan ini dapat terselesaikan dengan baik.
      Laporan ini disusun bersama rekan-rekan kami. Adapun penyusunan Laporan Kunjungan ke perusahaan ini berdasarkan data-data yang diperoleh selama melakukan Kunjungan ke Perusahaan, data-data dari internet, serta data-data dari pemikiran rekan.
    Kami menyadari bahwa dalam penyusunan laporan kunjungan ke perusahaan ini masih banyak kekurangan. Karena keterbatasan pengetahuan dan kemampuan, untuk itu kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat diharapkan demi kesempurnaan Laporan Kunjungan ke Perusahaan ini. Demikian kata pengantar ini kami buat, semoga dapat bermanfaat, khususnya bagi diri pribadi kami sendiri dan pembaca pada umumnya.



Langsa, Desember 2015
Daftar Isi
KATA PENGANTAR................................................................................. 1
DAFTAR ISI ..............................................................................................  2
BAB I     PENDAHULUAN........................................................................ 3
1.1                                                                                                                                                                                                                                                    Latar Belakang Masalah................................................................................... 3
1.2                                                                                                                                                                                                                                                    Tujuan Kunjungan Perusahaan............................................................ 3
1.3                                                                                                                                                                                                                                                    Manfaat Kunjungan Perusahaan............................................................ 3
1.4                                                                                                                                                                                                                                                    Lokasi Kunjungan Perusahaan............................................................ 3
BAB II    PEMBAHASAN.......................................................................... 4
               BANK MUAMALAT.................................................................. 4
               2.1 Profil Singkat BANK MUAMALAT...................................... 4
               2.2 Istilah-Istilah dalam BANK SYARIAH................................. 4
               2.3 Kesimpulan............................................................................ 4
               PT.TELKOM INDONESIA......................................................... 5
               3.1 Profil singkat PT. TELKOM INDONESIA............................ 5
               3.2 Layanan Telekomunikasi TELKOM...................................... 5
               3.3 Kesimpulan............................................................................ 5
               PT. POS INDONESIA................................................................. 6
               41. Profil Singkat PT. POS INDONESIA.................................... 6
               4.2  Tujuan Kunjungan ...............................................................  6
               4.3 Manfaat Kunjungan............................................................... 6
               4.4 Kesimpulan............................................................................ 6
BAB III   PENUTUPAN.............................................................................. 7
              


Bab I
PENDAHULUAN
1.1         Latar Belakang Masalah

Kunjungan Perusahaan dipilih untuk menambah wawasan siswa tentang ilmu pengetahuan serta tentang dunia kerja. Siswa dituntut untuk aktif menggali informasi tentang kunjungan Ke perusaahn untuk memperoleh pengetahuan tentang segala hal yang terkait dengan Perusahaan, seperti PT. TELKOM INDONESIA, PT. POS INDONESIA dan BANK MUAMALAT. Kunjungan ke Perusahaan dilakukan untuk memberikan gambaran kepada siswa tentang Perusahaan dan proses di bidang agrobisnis.

1.2      Tujuan Kunjungan Perusahaan

Ø Untuk memperluas pengetahuan siswa/i dalam lingkungan dunia kerja
Ø Untuk memperluas pengetahuan siswa/i dalam ilmu pengetahuan dibidang perusahaan.
Ø Untuk mendorong siswa agar mempunyai minat bekerja di perusahaan


1.3         Manfaat Kunjungan Perusahaan

v  Bagi Siswa
Ø Dapat mengetahui kedisiplinan dan tata tertib yang tegas pada dunia kerja.
Ø Melihat cara kerja,
Ø Mendapat gambaran saat akan bekerja di perusahaan atau ingin membuat sebuah perusahaan.
Ø Dapat mengetahui informasi-informasi tentang dunia kerja
Ø Mengetahui istilah-istilah tertentu.
Ø Mengetahui informasi-informasi tentang bisnis.

v  Bagi Sekolah
Ø Memperlakukan tata tertib yang tegas bagi siswa
Ø Sekolah dapat mengajak siswa belajar secara langsung dilapangan

v  Bagi Perusahaan
Ø Dapat berbagi ilmu dengan siswa
Ø Mengajak dan memperlihatkan alat-alat disuatu perusahaan.
Ø Memperkenalkan sejarah singkat berdirinya perusahaan kepada siswa

1.4         Lokasi Kunjungan Perusahaan
Lokasi kunjungan ke perusahaan ini Terletak di daerah Kota Langsa, Aceh.
  

Bab II
PEMBAHASAN

BANK MUAMALAT
2.1   Profil Singkat BANK MUAMALAT
PT Bank Muamalat Indonesia Tbk didirikan pada 24 Rabius tsani 1412 H atau 1 November 1991, diprakarsai oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pemerintah Indonesia, dan memulai kegiatan operasinya pada 27 Syawal 1412 H atau 1 Mei 1992.
Pada tanggal 27 oktober 1994, hanya dua tahun setelah didirikan, bank Muamalat berhasil menyandang predikat sebagai bank Devisa. Pengakuan ini memperkokoh posisi perseroan sebagai Bank Syariah pertama dan terkemuka diindonesia dengan beragam jasa maupun produk yang terus dikembangkan.

2.2 Istilah-Istilah dalam bank syariah
Bank syariah juga memiliki nama istilah-istilah yang mungkin masih asing bagi telinga pembaca. Yaitu:
1.     Akad: ikatan atau kesepakatan antara nasabah dengan bank yakni pertalian ijab(persyaratan melakukan ikatan) dan kabul(persyaatan menerima ikatan) sesuai dengan kehendak syariat yang berpengaruh pada objek perikatan. Misalnya, akad pembukaan rekening simpanan atau akd pembiayaan.
2.     Salam: jual beli dengan cara pemesanan, pembeli memberikan uang terlebih dahulu terhadap barang yang telah disebutkan spesifikasinya. Lalu, barang dikirim kemudian.
3.     Distribusi bagi hasil: pembagin keuntungan bank syariah kepada nasabah simpanan berdasarkan nisbah yang disepakati setiap bulannya. Bagi hasil yang diperoleh tergantung jumlah dan jangka waktu simpanan serta pendapatan bank pada periode tersebut.
4.     Sharf: jual beli mata uang asing yang saling berbeda, seperti Rupiah dengan Dollar, dollar dengan Yen.
5.     Qard: Pembiayaan kepada nasabah untuk dana talangan segera dalam jangka waktu yang relatif pendek dan dana tersebut akan dikembalikan secepatnya sejumlah uang yang digunakan. Dalam transaksi ini nasabah hanya mengembalikan pokok.
dan masih banyak lagi istilah bank syariah lainnya.

2.3 Kesimpulan
          Bank Muamalat adalah salah satu bank syariah bank umum pertama di Indonesia yang menerapkan prinsip Syariah Islam dalam menjalankan operasionalnya





PT. TELKOM INDONESIA
3.1         Profil Singkat PT. TELKOM INDONESIA
          PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk.(“TELKOM”, “Perseroan”, atau “Perusahaan”) adalah penyedia layanan telekomunikasi dan jaringan terbesar di Indonesia. TELKOM menyediakan layanan InfoComm, telepon tidak bergerak kabel(fixed Wireline) dan telepon tidak bergerak nirkabel(fixed Wireless), layanan telepon, seluler, data dan internet, serta jaringan dan interkoneksi.

3.2 Berikut adalah beberapa layanan telekomunikasi TELKOM
1.Telepon
-Telepon Tetap(PTSN) layanan Telepon tetap yang hingga kini masih menjadi  
  monopoli TELKOM Indonesia.
-Telkom Flexi, layanan Telepon fixed Wireless CDMA
2. Data/Internet
- TELKOMnet Instan, layanan Akses Internet Dial Up.
- SPEEDY, Layanan Akses Internet dengan kecepatan tinggi(Broad band)     
  menggunakan Teknologi ADSL.
-dan sekarang, Telkom juga menyediakan TV berbasis Internet. Tv tersebut juga bisa dipause, dan bisa mengulang siaran sampai 7 hari sebelumnya.

3.3 Kesimpulan
PT Telekomunikasi indonesia merupakan Badan Usaha Milik Negara dan penyedia layanan telekomunikasi dan jaringan terbesar diindonesia. TELKOM menyediakan layanan infoComm, telepon kabel tidak bergerak(Fixed wireline) dan telepon nirkabel tidak bergerak (fixed Wireless). Layanan Telepon seluler, data, dan internet, serta jaringn dan interkoneksi.


PT. POS INDONESIA
4.1 Profil Singkat PT. POS INDONESIA
            Perposan "Modern" di Indonesia sejak 1602 di jaman V.O.C (Verenigde Oost Indische Compagnie). Perhubungan pos pada waktu itu dilakukan terbatas diantara kota-kota tertentu di P.Jawa dan luar P.Jawa dengan menggunakan alat angkut kereta kuda dan kapal layar pacalang.
Pada waktu itu surat pos ditempatkan pada Stadsherbrg (Gedung Penginapan Kota) dan belum dilakukan pengantaran surat pos,sehingga tiap orang daat memeriksa apakah ada surat pos baginya. Sebuah kantor pos pertama kali didirikan di jakarta pada tahun 1746 oleh Gubernur Jenderal G.W.Baron Van Imhoff dengan tujuan untuk lebih menjamin keamanan surat pos. Beberapa tahun kemudian didirikan kantor pos di kota-kota lainnya.
 Pada 1809 dibangun jalan Raya Pos (Groote Postweg) oleh Gubernur Jenderal Daendels yang membentang sepanjang 1000 km dari anyer ke panarukan. Pembangunan jalan raya pos membawa perubahan luar biasa dalam perhubungan pos. Waktu tempuh dari Jawa Barat ke Jawa Timur yang sebelumnya memakan waktu 40 hari dapat diperpendek menjadi 6 hari.
 Hingga saat ini perjalanan pos Indonesia memang sudah berlangsung selama empat abad, tetapi sejarah pos indonesia dimulai pada 27 September 1945, ketika sekelompok angkatan muda PTT merebut gedung pusat PTT di Bandung dari kekuasaan Jepang. Fase ini merupakan tonggak dimulainya pengelolaan dan pelayanan pos oleh bangsa Indonesia. Peristiwa 27 September 1945 lebih dikenal sebagai "Hari Bhakti Postel".


4.2 Tujuan
v Menambah wawasan dan pengetahuan para siswa
v   Mengetahui sejauh mana kemampuan siswa untuk melakukan kegiatan diluar sekolah secara berkelompok yaitu dengan membuat Laporan dalam bentuk karya tulis.
v  Sumber laporan tertulis yang merupakan salah satu syarat mengikuti ujian praktek


4.3 Manfaat
F Menambah pengalaman siswa tentang daerah-daerah diluar sekolah. 
F Mengukur kemampuan siswa saat belajar di luar sekolah.
F Melatih siswa untuk dapat menyimpulkan apa yang dilihatnya 

4.4   KESIMPULAN
PT.POS INDONESIA (Persero) Jasa pengiriman surat/barang  merupakan salah satu unit bisnis di lingkungan PT.POS INDONESIA (Persero). PT.POS INDONESIA B.Lampung didukung oleh fasilitas yang sangat memadai. PT.POS INDONESIA B.Lampung mempunyai 2 area kegiatan utama yaitu penelitian dan pengembangan. Sejak tahun 1746 sudah lebih dari 264 buah standar berhasil dirampungkan Dan satu karya inovasi yang berjudul ROBOLAY telah mendapat sertifikat hak paten. Ada lima karya inovasi yang telah didaftarkan untuk mendapat hak paten yaitu : Robot CJDW ( 2 paten ) ; Pole mounted circuit breaker ; paket siaga dan CSI dan Cepat dan simple.



BAB III
PENUTUPAN

KESIMPULAN
                Kunjungan Perusahaan Merupakan suatu kunjungan keperusahaan dengan maksud tujuan tertentu, seperti memperluas  ilmu pengetahuan di bidang perusahaan, Untuk memperluas pengetahuan siswa/i dalam lingkungan dunia kerja dan Untuk mendorong siswa/i agar mempunyai minat bekerja di perusahaan.
Kegiatan kunjungan ini merupakan sarana untuk menambah wawasan dan pengetahuan ke p erusahaan dan juga bertujuan untuk menghilangkan kejenuhan, sebagai pengajaran diluar kelas.
Dengan kegiatan ini siswa dapat mengembangkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat untuk melatih siswa agar dapat menyimpulkan apa yang dilihatnya dan dituangkan dalam bentuk tulisan/laporan agar bermanfaat khususnya bagi para pembacanya.
Dan kami harapkan semoga dengan membuat Laporan ini, dapat meningkatkan mutu pendidikan yang Produktif dan Inovatif.





Comments

Popular posts from this blog

SPEAKER ( Pengertian,Penemu, Sejarah Singkat, Jenis-jenis Speaker, beserta Gambar, Lengkap!)

Soal dan Pembahasan tentang Sistem Operasi Jaringan kelas XI TKJ

Makalah Logaritma

Metode Ilmiah

Pengertian dan Definisi Seni Budaya