Contoh Makalah Kunjungan Ke Perusahaan
Kata
pengantar
Puji
dan syukur kami ucapkan kepada Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat serta
hidayah-Nya, sehingga penyusunan Laporan Kunjungan ke Perusahaan ini dapat
terselesaikan dengan baik.
Laporan ini disusun bersama rekan-rekan kami. Adapun penyusunan Laporan
Kunjungan ke perusahaan ini berdasarkan data-data yang diperoleh selama
melakukan Kunjungan ke Perusahaan, data-data dari internet, serta data-data
dari pemikiran rekan.
Kami menyadari
bahwa dalam penyusunan laporan kunjungan ke perusahaan ini masih banyak
kekurangan. Karena keterbatasan pengetahuan dan kemampuan, untuk itu kritik dan
saran yang membangun dari pembaca sangat diharapkan demi kesempurnaan Laporan
Kunjungan ke Perusahaan ini. Demikian kata pengantar ini kami buat, semoga
dapat bermanfaat, khususnya bagi diri pribadi kami sendiri dan pembaca pada
umumnya.
Langsa,
Desember 2015
Daftar Isi
KATA PENGANTAR.................................................................................
1
DAFTAR ISI .............................................................................................. 2
BAB I PENDAHULUAN........................................................................
3
1.1
Latar Belakang Masalah...................................................................................
3
1.2
Tujuan Kunjungan Perusahaan............................................................
3
1.3
Manfaat Kunjungan Perusahaan............................................................
3
1.4
Lokasi Kunjungan Perusahaan............................................................
3
BAB II PEMBAHASAN..........................................................................
4
BANK MUAMALAT..................................................................
4
2.1 Profil
Singkat BANK MUAMALAT......................................
4
2.2 Istilah-Istilah
dalam BANK SYARIAH.................................
4
2.3 Kesimpulan............................................................................
4
PT.TELKOM
INDONESIA.........................................................
5
3.1 Profil
singkat PT. TELKOM INDONESIA............................
5
3.2 Layanan Telekomunikasi
TELKOM......................................
5
3.3 Kesimpulan............................................................................
5
PT. POS
INDONESIA.................................................................
6
41. Profil
Singkat PT. POS INDONESIA....................................
6
4.2 Tujuan Kunjungan ............................................................... 6
4.3 Manfaat
Kunjungan...............................................................
6
4.4 Kesimpulan............................................................................
6
BAB III PENUTUPAN..............................................................................
7
Bab I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Kunjungan
Perusahaan dipilih untuk menambah wawasan siswa tentang ilmu pengetahuan serta
tentang dunia kerja. Siswa dituntut untuk aktif menggali informasi tentang
kunjungan Ke perusaahn untuk memperoleh pengetahuan tentang segala hal yang
terkait dengan Perusahaan, seperti PT. TELKOM INDONESIA, PT. POS INDONESIA dan
BANK MUAMALAT. Kunjungan ke Perusahaan dilakukan untuk memberikan gambaran
kepada siswa tentang Perusahaan dan proses di bidang agrobisnis.
1.2 Tujuan Kunjungan Perusahaan
Ø Untuk memperluas pengetahuan siswa/i
dalam lingkungan dunia kerja
Ø Untuk memperluas pengetahuan siswa/i
dalam ilmu pengetahuan dibidang perusahaan.
Ø Untuk mendorong siswa agar mempunyai
minat bekerja di perusahaan
1.3 Manfaat Kunjungan Perusahaan
v Bagi Siswa
Ø Dapat mengetahui kedisiplinan dan tata
tertib yang tegas pada dunia kerja.
Ø Melihat cara kerja,
Ø Mendapat gambaran saat akan bekerja di perusahaan
atau ingin membuat sebuah perusahaan.
Ø Dapat
mengetahui informasi-informasi tentang dunia kerja
Ø Mengetahui
istilah-istilah tertentu.
Ø Mengetahui
informasi-informasi tentang bisnis.
v Bagi Sekolah
Ø Memperlakukan tata tertib yang tegas
bagi siswa
Ø Sekolah dapat mengajak siswa belajar
secara langsung dilapangan
v Bagi Perusahaan
Ø Dapat berbagi ilmu dengan siswa
Ø Mengajak dan memperlihatkan alat-alat
disuatu perusahaan.
Ø Memperkenalkan sejarah singkat
berdirinya perusahaan kepada siswa
1.4 Lokasi
Kunjungan Perusahaan
Lokasi
kunjungan ke perusahaan ini Terletak di daerah Kota Langsa, Aceh.
Bab II
PEMBAHASAN
BANK
MUAMALAT
2.1 Profil Singkat BANK MUAMALAT
2.1 Profil Singkat BANK MUAMALAT
PT
Bank Muamalat Indonesia Tbk didirikan pada 24 Rabius tsani 1412 H atau 1
November 1991, diprakarsai oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pemerintah
Indonesia, dan memulai kegiatan operasinya pada 27 Syawal 1412 H atau 1 Mei
1992.
Pada
tanggal 27 oktober 1994, hanya dua tahun setelah didirikan, bank Muamalat
berhasil menyandang predikat sebagai bank Devisa. Pengakuan ini memperkokoh
posisi perseroan sebagai Bank Syariah pertama dan terkemuka diindonesia dengan
beragam jasa maupun produk yang terus dikembangkan.
2.2 Istilah-Istilah dalam bank
syariah
Bank syariah juga memiliki nama istilah-istilah yang mungkin
masih asing bagi telinga pembaca. Yaitu:
1.
Akad: ikatan atau kesepakatan antara
nasabah dengan bank yakni pertalian ijab(persyaratan melakukan ikatan) dan
kabul(persyaatan menerima ikatan) sesuai dengan kehendak syariat yang
berpengaruh pada objek perikatan. Misalnya, akad pembukaan rekening simpanan
atau akd pembiayaan.
2.
Salam: jual beli dengan cara
pemesanan, pembeli memberikan uang terlebih dahulu terhadap barang yang telah
disebutkan spesifikasinya. Lalu, barang dikirim kemudian.
3.
Distribusi bagi hasil: pembagin
keuntungan bank syariah kepada nasabah simpanan berdasarkan nisbah yang
disepakati setiap bulannya. Bagi hasil yang diperoleh tergantung jumlah dan
jangka waktu simpanan serta pendapatan bank pada periode tersebut.
4.
Sharf: jual beli mata uang asing
yang saling berbeda, seperti Rupiah dengan Dollar, dollar dengan Yen.
5.
Qard: Pembiayaan kepada nasabah
untuk dana talangan segera dalam jangka waktu yang relatif pendek dan dana
tersebut akan dikembalikan secepatnya sejumlah uang yang digunakan. Dalam
transaksi ini nasabah hanya mengembalikan pokok.
dan
masih banyak lagi istilah bank syariah lainnya.
2.3
Kesimpulan
Bank Muamalat adalah salah satu bank syariah bank
umum pertama di Indonesia yang menerapkan prinsip Syariah
Islam dalam menjalankan operasionalnya
PT. TELKOM
INDONESIA
3.1 Profil Singkat PT. TELKOM INDONESIA
PT.
Telekomunikasi Indonesia, Tbk.(“TELKOM”, “Perseroan”, atau “Perusahaan”) adalah
penyedia layanan telekomunikasi dan jaringan terbesar di Indonesia. TELKOM
menyediakan layanan InfoComm, telepon tidak bergerak kabel(fixed Wireline) dan
telepon tidak bergerak nirkabel(fixed Wireless), layanan telepon, seluler, data
dan internet, serta jaringan dan interkoneksi.
3.2
Berikut adalah beberapa layanan telekomunikasi TELKOM
1.Telepon
-Telepon
Tetap(PTSN) layanan Telepon tetap yang hingga kini masih menjadi
monopoli TELKOM Indonesia.
-Telkom
Flexi, layanan Telepon fixed Wireless CDMA
2.
Data/Internet
-
TELKOMnet Instan, layanan Akses Internet Dial Up.
- SPEEDY,
Layanan Akses Internet dengan kecepatan tinggi(Broad band)
menggunakan Teknologi ADSL.
-dan
sekarang, Telkom juga menyediakan TV berbasis Internet. Tv tersebut juga bisa
dipause, dan bisa mengulang siaran sampai 7 hari sebelumnya.
3.3
Kesimpulan
PT
Telekomunikasi indonesia merupakan Badan Usaha Milik Negara dan penyedia
layanan telekomunikasi dan jaringan terbesar diindonesia. TELKOM menyediakan
layanan infoComm, telepon kabel tidak bergerak(Fixed wireline) dan telepon
nirkabel tidak bergerak (fixed Wireless). Layanan Telepon seluler, data, dan
internet, serta jaringn dan interkoneksi.
PT.
POS INDONESIA
4.1
Profil Singkat PT. POS INDONESIA
Perposan
"Modern" di Indonesia sejak 1602 di jaman V.O.C (Verenigde Oost
Indische Compagnie). Perhubungan pos pada waktu itu dilakukan terbatas diantara
kota-kota tertentu di P.Jawa dan luar P.Jawa dengan menggunakan alat angkut kereta
kuda dan kapal layar pacalang.
Pada waktu itu surat pos ditempatkan pada
Stadsherbrg (Gedung Penginapan Kota) dan belum dilakukan pengantaran surat
pos,sehingga tiap orang daat memeriksa apakah ada surat pos baginya. Sebuah
kantor pos pertama kali didirikan di jakarta pada tahun 1746 oleh Gubernur
Jenderal G.W.Baron Van Imhoff dengan tujuan untuk lebih menjamin keamanan surat
pos. Beberapa tahun kemudian didirikan kantor pos di kota-kota lainnya.
Pada
1809 dibangun jalan Raya Pos (Groote Postweg) oleh Gubernur Jenderal Daendels
yang membentang sepanjang 1000 km dari anyer ke panarukan. Pembangunan jalan
raya pos membawa perubahan luar biasa dalam perhubungan pos. Waktu tempuh dari
Jawa Barat ke Jawa Timur yang sebelumnya memakan waktu 40 hari dapat diperpendek
menjadi 6 hari.
Hingga
saat ini perjalanan pos Indonesia memang sudah berlangsung selama empat abad,
tetapi sejarah pos indonesia dimulai pada 27 September 1945, ketika sekelompok
angkatan muda PTT merebut gedung pusat PTT di Bandung dari kekuasaan Jepang.
Fase ini merupakan tonggak dimulainya pengelolaan dan pelayanan pos oleh bangsa
Indonesia. Peristiwa 27 September 1945 lebih dikenal sebagai "Hari Bhakti
Postel".
4.2 Tujuan
v Menambah wawasan dan pengetahuan para siswa
v Mengetahui sejauh mana kemampuan siswa untuk
melakukan kegiatan diluar sekolah secara berkelompok yaitu dengan membuat
Laporan dalam bentuk karya tulis.
v Sumber
laporan tertulis yang merupakan salah satu syarat mengikuti ujian praktek
4.3 Manfaat
F Menambah pengalaman siswa tentang daerah-daerah
diluar sekolah.
F Mengukur kemampuan siswa saat belajar di luar
sekolah.
F Melatih siswa untuk dapat menyimpulkan apa yang
dilihatnya
4.4 KESIMPULAN
PT.POS INDONESIA (Persero) Jasa pengiriman
surat/barang merupakan salah satu unit bisnis di lingkungan PT.POS
INDONESIA (Persero). PT.POS INDONESIA B.Lampung didukung oleh fasilitas yang
sangat memadai. PT.POS INDONESIA B.Lampung mempunyai 2 area kegiatan utama
yaitu penelitian dan pengembangan. Sejak tahun 1746 sudah lebih dari 264 buah
standar berhasil dirampungkan Dan satu karya inovasi yang berjudul ROBOLAY
telah mendapat sertifikat hak paten. Ada lima karya inovasi yang telah
didaftarkan untuk mendapat hak paten yaitu : Robot CJDW ( 2 paten ) ; Pole
mounted circuit breaker ; paket siaga dan CSI dan Cepat dan simple.
BAB III
PENUTUPAN
KESIMPULAN
Kunjungan
Perusahaan Merupakan suatu kunjungan keperusahaan dengan maksud tujuan tertentu,
seperti memperluas ilmu pengetahuan di
bidang perusahaan, Untuk memperluas pengetahuan siswa/i dalam
lingkungan dunia kerja dan Untuk mendorong
siswa/i agar mempunyai minat bekerja di perusahaan.
Kegiatan
kunjungan ini merupakan sarana untuk menambah wawasan dan pengetahuan ke p erusahaan dan juga bertujuan untuk
menghilangkan kejenuhan, sebagai pengajaran diluar kelas.
Dengan
kegiatan ini siswa dapat mengembangkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat untuk
melatih siswa agar dapat menyimpulkan apa yang dilihatnya dan dituangkan dalam
bentuk tulisan/laporan agar bermanfaat khususnya bagi para pembacanya.
Dan kami
harapkan semoga dengan membuat Laporan ini, dapat meningkatkan mutu pendidikan
yang Produktif dan Inovatif.
Comments
Post a Comment